Zaha Hadid Tutup Usia Pada Umur 65 Tahun

Zaha Hadid, Siapakah Dia?



Zaha Hadid (1950-2016)

Dia adalah seorang arsitek wanita terkenal dunia, kelahiran Baghdad - Iraq dan memulai karirnya dengan belajar matematika di American University - Beirut kemudian pada tahun 1972 ia memulai perjalanan karinya di sebuah biro arsitektur di London - Inggris dan pada tahun 1979 mendirikan Zaha Hadid Architect yang bertempat di kota yang sama pula.

Arsitek kenamaan ini menghembuskan nafas terakhirnya di Miami, Florida pada hari jumat (1/4/2016) lalu. Sebelumnya Zaha Hadid masuk rumah sakit karena di diagnosa mengalami sakit bronchitis dan kemudian terkena serangan jantung hingga meninggal disana.

Zaha Hadid berhasil menjadi wanita pertama yang memenangkan piala emas di Royal Institute of British Architects (RIBA) penghargaan arsitektur paling bergengsi di Inggris, pada Februari 2016 awal tahun ini.

Ia mendapatkan reputasi arsitek kelas dunia dengan karya-karyanya, termasuk The Peak - Hong Kong (1983), Kurfürstendamm - Berlin (1986) dan Cardiff Bay Opera House - Wales (1994).

Bekerja sama dengan partnernya - Patrik Schumacher, Zaha Hadid sangat tertarik dengan desain yang menghubungkan antara arsitektur, lansekap dan geologi; yang pada penerjemahannya menggabungkan inovasi teknologi sehingga mampu menciptakan bentuk arsitektur yang dinamis dan tidak terduga.

Karya-karya besarnya yang mendapatkan pengakuan internasional diantaranya adalah Vitra Fire Station - Weil Am Rhein, Jerman (1993), MAXXI: Italian National Museum of 21st Century Arts - Roma (2009), London Aquatics Centre - Olimpiade (2011), Heydar Aliyev Centre - Baku (2013), Rosenthal Center for Contemporary Art - Cincinnati (2003) dan Guangzhou Opera House - China (2010).

Penghargaan Zaha Hadid lainnya adalah Republic of France’s Commandeur de l’Ordre des Arts et des Lettres, Japan’s Praemium Imperiale dan pada 2012 Dame Commander of the Order of the British Empire. Dia juga diangkat menjadi anggota kehormatan American Academy of Arts and Letters and Fellow of the American Institute of Architecture.

Zaha Hadid juga mendapatkan berbagai peran akademik termasuk Kenzo Tange Chair at the Graduate School of Design, Harvard University; the Sullivan Chair at the University of Illinois, School of Architecture. Hadid juga mengajar di Columbia University, Yale University dan University of Applied Arts - Vienna.


Karya Desain Zaha Hadid



Victoria and Albert museum's John Madejski Garden - London

Galaxy Soho building - Beijing

Maxxi Museum of Contemporary Art and Architecture - Roma

Bridge Pavilion - Zaragoza, Spanyol

Vitra Fire Station - Weil Am Rhein, Jerman

Contemporary Art Container - Rumsey

Residential Building - New York (2017)

Heydar Aliyev Centre - Baku (2013)

Fife Centre - Skotlandia (2006)


London Aquatics Centre - Olimpiade (2011)

Ordrupgaard Museum Extension - Charlottenlund, Denmark (2005)

Dongdaemun Design Plaza - Seoul (2014)

Innsbruck Nordpark Cable Railway - Austria


Jockey Club Innovation Tower - Hong Kong's Polytechnic University (2014)

Rosenthal Center for Contemporary Art - Cincinnati (2003)

Wangjing Soho - Cina (2015)

Zaha Hadid

Zaha Hadid telah membuktikan kepada dunia bahwa wanita pun bisa menjadi arsitek yang berprestasi dan diakui secara internasional. Semoga karya-karyanya ini bisa terus menginspirasi kita semua.


Kunjungi juga website Arginuring Arsitek saya :)


No comments:

Post a Comment

Tulisan anda akan di moderasi oleh admin.

Featured Post

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kontainer

Memahami Rumah Kontainer Rumah kontainer. Gagasan mengubah sebuah kontainer menjadi rumah yang nyaman dan berkelanjutan bisa menjadi suatu i...