Block'hood: Game Arsitektur Bertema Desain Bangunan Urban

Merasakan Jadi Arsitek Dengan Main Game



Game Sim Tempo Doloe

Masih ingat game SimCity atau Cities: Skylines? Enaknya main game tersebut kita bisa bebas dan bereksperimen - membuat kota virtual tanpa perlu kuatir menimbulkan resiko di kehidupan yang sebenarnya. Mau bangunan salah, gagal, ambruk, rusak bahkan tidak ada kehidupan pun ya bebas-bebas saja. Model game tersebut sekarang sudah ada yang barunya dan dibuat berdasarkan perspektif pada kehidupan nyata.

Game Anyar

Game pendatang baru dalam tema arsitektur ini bernama Block’hood, sebuah game simulasi bangunan beserta lingkungannya yang mengajak para pemain untuk menciptakan suatu komunitas yang memiliki fungsi, dibuat dengan bahan berupa modul-modul blok berukuran 1x1x1 dari berbagai kegunaan.

Jeroan (Daleman) Game

Dari mulai ruang hunian, kantor, klinik, cafe, tanaman, taman, pembangkit listrik, pabrik, ini itu ada semua. Banyak sekali blok-blok yang bisa dibuat untuk menciptakan suatu lingkungan binaan yang seperti nyata. Antar muka penggunanya sederhana dan gamblang, tampilan permainannya berbentuk pandangan axonometri dan disertai efek pergantian siang dan malam. Mirip Minecraft tapi lebih kompleks (IMHO).


Buat memulai permainan mudah saja, pilih sebuah blok dan klik di kotak lahan / area yang masih kosong. Setiap blok membutuhkan dan menciptakan hasil yang berbeda, yang semuanya perlu pengaturan yang baik untuk merawat dan mengembangkan lingkungan binaan tersebut.

Contoh: pohon butuh air dan menghasilkan udara segar, kincir angin membutuhkan uang dan dapat menghasilkan listrik, apartemen butuh air dan listrik dan akan menghasilkan pekerja, penduduk dan membentuk komunitas. 

Dari setiap blok yang kita tempatkan nanti akan ada laporan mengenai apa-apa saja sumber daya yang diperlukan, akan digunakan dan dihasilkan. Dan banyak lagi seperti akses, kebisingan dll. Bila sebuah unit tidak menerima masukan sumber daya yang diperlukan maka mereka akan rusak dan lama kelamaan akan hancur. Beruntunglah ini cuma permainan saja bukan realita.

Bila lahan sudah habis maka pengembangan bisa diteruskan secara vertikal, seperti desain-desain futuristic itulah, ada taman-taman dilantai atas, roof garden dan bla bla bla.


Agar sukses dalam permainan Block’hood maka kita perlu melakukan pengaturan sumber daya dan mengatur keseimbangannya diantara berbagai jenis variasi bangunan. Efisiensi bangunan dipengaruhi oleh kedekatan dengan jenis blok lainnya, dan desain yang efisien akan mendapatkan hadiah penambahan kapasitas sumber daya. 

Kalau di SimCity tujuannya menirukan sebuah kehidupan kota, di Block’hood semua bangunan sama, dibentuk dari sebuah blok 1x1x1 tadi. Sehingga agak aneh kalau ada cuma satu bangunan tunggal saja, dan alhasil mendorong kita untuk menumpuk terus keatas, seperti anak-anak menumpuk blok tumpang tindih, yang penting pokoknya asal bisa keatas - demi terciptanya kota impian utopia.


Disini tidak tersedia menu yang namanya menang, kalah atau struktur yang sempurna. Ini dilepas bebas saja terserah pemain mau berkreativitas seperti apa untuk menciptakan solusi bagi kebutuhan komunitas penghuninya - yang jelas butuh latihanlah, sama seperti arsitek.

Semakin kota futuristic kita menjadi padat, struktur bangunannya juga harus diatur / disesuaikan untuk menampung tambahan kebutuhan dan fungsi tadi.





Skrinsut dari permainan ini memperlihatkan berbagai macam desain mulai dari model kapsul tower hingga yang biasa seperti vila kecil dikelilingi danau dan tanaman hijau.


Ini ketika suasana malam hari, kok rasanya seperti donjon (kastil jepang jaman samurai) ya?... tinggal taruh ninja disana.

Ninja...

Terima kasih sudah mampir, kunjungi juga website Arsitek Bandung saya :)


Comments