Pengertian Desain Arsitektur Rustic

Desain Rustic Dalam Arsitektur


Literatur


> Cyril M Harris 


Dalam buku kamus arsitekturnya menjelaskan sebagai berikut:


(pusing translate dan ketik ulangnya, jadi screenshot saja, klik gambar untuk memperbesar)


> Google Translate


Bila diterjemahkan dari bahasa Inggris ke Indonesia rustic diartikan oleh google menjadi: pedesaan, kasar, sederhana, pedusunan, dll.

Banyak lagi, di wikipedia juga ada beberapa, cuma lebih luas, tidak spesifik untuk arsitektur. Misalkan anda mempunyai literatur lain yang dapat ditambahkan pada tulisan ini silakan di share.


Pengertian Bebas (IMHO)


Rustic bisa diartikan sebagai 'natural' atau mungkin lebih tepat adalah 'kasar', dibiarkan atau ditampilkan apa adanya dan bisa saja malah diperkuat penampilan aslinya tersebut. Bisa dengan efek finishing atau dengan desain arsitektur yang memang sengaja memberikan porsi yang besar bagi penampilan dan peletakan material rustic ini.





Aplikasi Rustic Pada Arsitektur


Dalam arsitektur misalnya penyelesaian (finishing) material yang tetap dibiarkan kasar, lubang atau pori-pori dibiarkan tidak didempul, dilapis natural boleh tetapi bukan ditambal. Serat-serat, urat-urat, guratan, butiran, bentukan-bentukan yang tidak beraturan tetap dijaga keasliannya.

Untuk rumah tinggal salah satu contohnya adalah kusen atau furnitur kayu yang menggunakan finishing natural, dimana urat dan serat kayu menjadi terlihat bebas.




Sederhananya kalau dilihat sekilas kita bisa tahu itu material aslinya apa dan tidak banyak perubahannya. Tidak ditutup cat, pelapis, coating, ini itu dll. (batu tempel / templek).

Aplikasi arsitektur diatas juga sama untuk interior, bila diperlakukan sama maka kita bisa sebut interior bergaya rustic (silakan dikoreksi bila perlu diperbaiki).

Saya juga menyukai rustic, jangan salah, sebuah rumah desain super minimalis yang dipadankan dengan kusen rustic bisa sangat berhasil nuansanya. Material rustic bisa menghilangkan kesan dingin pada desain minimalis, dia boleh kosong tetapi tidak dingin, jadi tetap enak dipandang dan nyaman ditinggali.




Kira-kira seperti itulah tulisan singkat saya untuk pembahasan desain rustic arsitektur ini, kalau ada tanggapan silakan.

Kunjungi juga website Jasa arsitek Bandung saya :) apalagi buat anda yang sedang mencari arsitek untuk desain rumah minimalis rustic :)


Comments