Cara Memilih Warna Cat Tembok/Dinding Rumah

Sekilas Mengenai Warna Dan Cat Tembok

Penyelesaian wajah luar bangunan haruslah dipikirkan secara terencana agar nantinya mampu memunculkan karakter dari bangunan tersebut. Diantaranya bisa dengan penggunaan material yang bertekstur atau dengan pelapisan yang biasanya menggunakan cat tembok dll.

Untuk tulisan kali ini kita batasi pada pembahasan seputaran pemilihan warna dan cat tembok dahulu agar tidak terlau melebar kemana-mana. Beberapa pokok pembahasannya adalah;

  • Jenis Warna
  • Cat, Interior & Eksterior
  • Palet Warna
  • Aplikasi
  • Warna cat, arsitek atau klien?


Jenis Warna

Dibawah ini ada berbagai contoh lingkaran warna yang bisa kita gunakan sebagai acuan dalam pemilihan dan pengelompokan warna.


Istilah warna





Corak

Mengacu pada keluarga warna atau nama warna seperti: merah, oranye dan biru



Perbandingan

Adalah tingkat perbandingan terang atau gelap warna



Warna Jenuh

Mengacu pada intensitas warna. Jumlah hitam yang ditambahkan ke suatu warna akan mengurangi saturasi warna tersebut, sehingga lebih teredam


Kelompok Warna



Primer

Merah, kuning dan biru



Sekunder

Hijau, oranye dan ungu



Tersier

Primer dan sekunder campuran: Kuning-Hijau, Biru-Hijau, Merah-Ungu


Temperatur Warna



Hangat

Warna-warna hangat akan menghadirkan perasaan nyaman dan berkesan memberikan sambutan yang kuat


Sejuk

Warna sejuk akan memberikan efek yang membangkitkan suasana hati yang lebih tenang


Skema Warna



Monokromatik

Jika Anda mencari warna yang bersih/terlihat modern maka skema warna monokromatik adalah untuk Anda. Skema ini adalah yang paling mudah untuk menampilkan variasi halus dan ringan dengan menggunakan saturasi dari satu warna. Hasilnya adalah penampilan yang menenangkan, terorganisir dan rapih



Analog

Anda mungkin berpikir bahwa sesuatu yang berlawanan itu menarik, tapi sebenarnya justru warna yang saling berdekatan satu sama lainlah yang benar-benar menawarkan nuansa. Pilihlah satu warna sebagai warna dominan lalu gunakan warna yang berdekatan dengannya untuk aksen sehingga menarik secara visual


Komplementer

Jika Anda telah memilih warna dominan dan ingin menciptakan kontras, pilihlah suatu warna yang langsung berseberangan di lingkaran skema untuk saling melengkapi. Kedua warna ini akan saling mengintensifkan satu sama lain dan terasa lebih hidup

Berbagai jenis warna diatas dapat kita gunakan sebagai acuan untuk konsep warna yang hendak dicari. Lingkaran warna diatas bukanlah suatu hal mutlak yang harus diikuti tetapi sebagai alat bantu kita dalam mencari harmoni, baik yang senada maupun yang saling bertolak belakang.


Cat, Interior & Eksterior

Saya yakin anda semua sudah banyak yang tahu, ada cat dinding, kayu, besi dll. Untuk dinding biasanya digolongkan dengan tipe cat interior dan eksterior.

Cat interior diperuntukan untuk dinding dalam ruangan, yang tidak terkena langsung dengan alam dan cuaca. Banyak macam ragamnya dan tidak perlu spec yang sekelas cat eksterior.

Khusus untuk eksterior cobalah sebisa mungkin memilih produk yang berkualitas tahan cuaca (weather shield), memang harganya jauh lebih mahal dibandingkan cat interior, tetapi mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap paparan cuaca dan hujan sehingga mampu tahan lama sebelum pudar dan memerlukan pengecetan ulang.

Beberapa produknya memiliki sifat lentur/melar, seperti karet sehingga dapat menutupi retak rambut yang terjadi nanti dan mencegah cat pecah/retak.

Masih untuk eksterior, saran saya gunakanlah juga cat dasar yang memang bawaan dari produknya, biasanya dipasaran dikenal dengan isitilah cat alkali (alkali resisting), fungsinya untuk mencegah jamur dan menambah daya rekat cat ke dinding serta membantu memperpanjang umur cat itu sendiri sehingga jatuhnya pada akhirnya akan menjadi lebih murah.


Palet Warna

Produk cat yang memiliki palet warna yang banyak akan memberikan anda lebih banyak pilihan dan keleluasaan dalam memilih warna bagi dinding rumah anda. Cobalah kunjungi website resmi dari berbagai produk cat yang ada, beberapa diantaranya menyertakan fasilitas palet warna ini dalam web mereka sehingga bisa anda pilih sesuai yang anda suka.


contoh palet (koleksi pribadi)
Beberapa toko cat besar biasanya menyediakan palet bawaan dari produsen cat tersebut. Sedangkan bagi toko-toko cat kecil atau toko besi seringnya terbatas pada brosur tahunan dan terdiri dari warna-warna standard saja, tidak seperti palet warna yang mempunyai ragam warna gradasi.

Atau bila anda menggunakan jasa kontraktor bisa ditanyakan kepada mereka apakah mereka memiliki palet/brosur warna cat yang dapat dilihat.

Kunjungi juga website jasa kontraktor bangunan rumah CGA

Catatan; warna yang ada di palet/website/brosur tidaklah sama 100% dengan warna cat aslinya, tetap ada perbedaan antara asli dengan yang ada di contoh. 



Aplikasi

Untuk palet warna online anda bisa coba kunjungi Adobe Color Wheel cari dulu warna yang anda suka dan baru nanti coba cari padanannya pada produk cat yang anda pilih.

Bisa juga anda coba cari di Google Playstore (android), disana beberapa produsen cat telah pula membuatkan aplikasi pemilihan warna cat sesuai produk mereka. Palet warnanya juga banyak


Warna Cat, Oleh Arsitek Atau Klien?

Kalau anda menggunakan jasa arsitek, coba biarkan mereka yang mengaturnya, karena biasanya mereka punya konsep sendiri mengenai desain bangunannya.

Tapi ini hanyalah saran, bila anda sebagai klien ternyata memiliki keinginan tentang warna bangunan anda coba diskusikan dengan arsitek anda. Yang penting jangan sampai warna bangunan anda jadi tidak mempunyai tema dan konsep yang jelas.

Warna dinding interior, biasanya setelah serah terima bangunan maka desainer interior bisa pula merubah warna ruangan dalam bangunan agar lebih spesifik dengan furnitur dan perabotan yang mereka desain, menurut saya silakan saja, sejauh tidak merusak ruh dari bangunan yang telah dibuat oleh arsiteknya.

Oke semoga tulisan saya kali ini bisa membantu anda dalam mencari warna cat yang cocok untuk bangunan anda.


Kunjungi juga website Arsitek Bandung saya :)



Comments