Thursday, December 22, 2016

Atap Rumah Solar Panel Dari Tesla

Genteng Rumah Penyerap Cahaya Matahari




Elon Musk, CEO Tesla dan pemuka jajaran atas SolarCity baru-baru ini memamerkan genteng penutup atap rumah jenis baru, yang juga sekaligus berfungsi sebagai panel penyerap cahaya matahari. Rupanya sudah bukan rahasia lagi kalau perusahaan Tesla saat ini sedang kencang mengembangkan cara baru untuk masa depan yang berkelanjutan (sustainable future), dan salah satu ide brilian mereka adalah genteng ini.

Mereka akan digunakan sebagai bahan penutup atap seperti layaknya genteng/penutup atap rumah biasa, sehingga nantinya bisa sekaligus memanen energi potensial dari cahaya dan panas matahari - langsung untuk digunakan ke dalam rumah, jadi bisa menghemat ongkos investasi peralatan panel surya yang biasanya terpisah.



Genteng surya ini terbuat dari bahan kaca dan memiliki berbagai macam variasi model seperti: genteng bertekstur, bergelombang, datar dan lainnya. Setiap buah gentengnya akan terlihat buram/tidak tembus cahaya bila dilihat dari permukaan tanah, sehingga sel surya yang ada di dalamnya hanya akan terlihat bila dilihat dari udara.



Cita-cita beliau (Elon Musk) disini adalah untuk mengembangkan penutup atap penyerap cahaya & panas matahari yang bisa tampil lebih indah dan menyenangkan, dibandingkan barang/teknologi sejenis yang ada di pasaran. Dengan menjadikan panel surya tersebut sekaligus berfungsi sebagai penutup atap, menjadikan kesemua sistemnya bisa lebih terjangkau bagi kocek peminatnya.

Genteng produk Tesla malah bisa tampil lebih menarik dibanding yang biasa, produk ini juga bisa tahan lebih lama dan memberikan peredam panas dan suara yang malah jauh lebih baik.

Genteng yang terbuat dari bahan kaca seolah berkesan ringkih, tetapi jangan salah, produk ini telah teruji terhadap tes jatuhan benda berat. Genteng Tesla ini tidak pecah berkeping-keping seperti layaknya genteng tradisional pada tes yang sama, tetapi hanya retak saja. 

Sejauh ini Tesla belum memberikan keterangan mengenai harganya. Semoga saja nanti memang benar-benar terjangkau.


Tes jatuhan benda berat, genteng Tesla memperlihatkan kualitas yang baik.

Tesla rupanya memang berpikir jauh ke depan untuk pemanfaatan energi matahari, tidak saja membuat mobil mumpuni yang hemat energi tetapi juga memikirkan produk lainnya yang memiliki banyak nilai tambah bagi lingkungan hidup dan tempat tinggal.

Semoga di kemudian hari ini bisa banyak dikembangkan di Indonesia, terima kasih sudah berkunjung.

Siapa tahu ada yang butuh arsitek di Bandung bisa mampir sekalian ke website Jasa arsitek Bandung saya :)


2 comments:

  1. Menurut saya harganya pasti cukup mahal mengingat itu menggunakan teknologi baru dan modern dalam pembuatannya

    ReplyDelete
  2. Untuk mencapai keberlanjutan memang tidak murah gan,
    Tp jika dilihat hasilnya pasti akan sebanding

    ReplyDelete

Tulisan anda akan di moderasi oleh admin.