Bagaimana Cara Mendapatkan Koin Crypto Pi Network Gratis dari Internet

Bagaimana cara ikutan bergabung dan mining/menambang koin Pi Network dengan gratis

Sekilas Mengenai Pi Network

Apa itu Pi Network

Pi adalah suatu digital currency yang dicetuskan pada tahun 2018 dan resmi diluncurkan pada 14 Maret 2019 lalu. Didirikan oleh dua orang lulusan Stanford, yaitu Nicolas Kokkalis dan Chengdiao Fan dan markasnya berlokasi di Palo Alto, California, Amerika.

Profil Pendiri


Dr. Nicolas Kokkalis

Kepala Teknologi

Stanford PhD dan instruktur kelas aplikasi terdesentralisasi pertama Stanford; menggabungkan sistem terdistribusi dan interaksi komputer manusia untuk membawa cryptocurrency ke orang-orang biasa.


Dr. Chengdiao Fan

Kepala Produk

Stanford PhD dalam Antropologi Komputasi memanfaatkan komputasi sosial untuk membuka potensi manusia dalam skala global.

Bagaimana cara memulai mengumpulkan koin Pi kripto secara gratis

Install aplikasi Pi Network di HP Anda

Cara mendapatkan koin Pi sangat mudah, yaitu dengan cara menginstall aplikasi Pi Network di HP kita. Selanjutnya kita cukup mengklik icon mining di aplikasi tersebut 1x sehari.

Klik icon mining cukup 1x sehari.

Gak ribed kan, gak perlu nonton iklan, video, main game, ini itu dll. Cuma klik 1x setiap 24 jam saja - gratis dapat Pi.

Berdasarkan keterangan dari website mereka, aplikasi ini aman bagi HP kita, tidak menguras batere. Kalau ini rasanya memang terbukti karena saya tidak merasakan penurunan kinerja di HP, batere tidak terpengaruh, pulsa/paket dll tidak banyak terdampak.

Antivirus di HP saya juga tidak memberikan peringatan akan adanya aktivitas virus/mallware atau aplikasi mencurigakan lainnya, singkat kata, di saya tidak ada efek buruk apapun.

Petunjuk, cara dan panduan install aplikasi Pi Network di HP atau OS

Step 1. Download aplikasinya melalu website resmi mereka biar aman. Pilih menu 'Mobile App' dan Anda akan dibawa ke halaman download aplikasi.

Download aplikasi sesuai OS Anda.

Step 2. Daftar dengan akun Facebook atau nomor telepon. Bila Anda memilih mendaftar menggunakan nomor telepon maka pilih kode negara dan masukan nomor Anda dengan benar.


Step 3. Setup password Anda, minimum 8 karakter dengan paduan minimal 1 angka, 1 huruf besar dan 1 huruf kecil.

Step 4. Isi data Anda, pastikan Anda memberikan nama asli Anda dengan benar, karena nanti saat KYC akan dibandingkan dengan data pada ID Anda (KTP/SIM). Bila berbeda dan kita tidak lulus KYC maka nantinya tidak bisa bertransaksi. Ada batas waktu untuk koreksi nama kita selama beberapa hari, lewat dari batas waktu tersebut maka nama kita tidak bisa diubah lagi.

Bila muncul opsi untuk memasukan nama kita dua kali, yang pertama adalah 'English Name' karena disana ada opsi untuk first name, middle/maiden name & last name, bila muncul opsi ini, cukup isi first name & last name saja, middle/maiden name biarkan kosong.

Opsi nama berikutnya adalah 'Usual Name', disini hanya ada first name & last name, agar aman, isi sama dengan input nama sebelumnya.

Namun apabila hanya muncul opsi isi nama 1x saja juga tidak masalah, malah lebih sederhana, isi first name & last name Anda disini.

Terakhir pilih 'username' Anda, ini bukan kode invitation dari referer/upline Anda, tapi adalah kode unik Anda sendiri yang bisa digunakan untuk memberikan invitation code ke orang lain/kenalan Anda. Bila username Anda gagal/tidak diterima, kemungkinan sudah ada yang menggunakan, pilih username lain yang belum diambil orang.



Bila Anda mengajak orang lain dengan kode Anda, maka Anda dan dia msing-masing akan mendapatkan bonus/booster kecepatan mining tambahan sebesar +25% , jadi sama-sama diuntungkan.

Step 5. Masukan invitation code dari teman/upline Anda. Bagaimana cara mendapatkan invitation code Pi Network gratis ini?
1. Tanya teman yang mengajak Anda.
2. Bila tidak ada, bisa masukan invitation code milik saya :)

noering


Invitation code ini rasanya wajib, toh lagian kita berdua juga sama-sama diuntungkan, Tidak ada ruginya, beda dengan MLM - yang upline saja yang diuntungkan (korban MLM -_-')

Step 6. Selanjutnya tinggal klik/tap icon petir di kanan layar Anda, ulangi setiap 24 jam (1x sehari) agar mining Anda tetap aktif :) Ini juga untuk membuktikan bahwa Anda bukan bot.

Apabila ada konfirmasi untuk mengaktifkan notifikasi pengingat tap harian, saya sarankan Anda untuk mengaktifkannya, agar tidak lupa atau terlewat.


Step 7. Cobalah untuk ikut tur awal yang ditawarkan aplikasi, hitung-hitung agar Anda mengenal/paham mengenai aplikasi ini.

Jenjang dalam Pi Network:
  • Pioneer. Ini adalah level awal semua pengguna.
  • Contributor. Setelah kita mining selama 3 hari, maka otomatis akan naik ke level ini.
  • Ambassador. Peringkat ini untuk pengguna yang telah mengundang peserta lain untuk bergabung dengan Jaringan Pi.
  • Node (simpul). Peserta yang telah menghubungkan perangkat keras tambahan ke jaringan. Level ini masih dalam pengembangan dan akan tersedia nanti.

Lainnya

Langkah berikutnya adalah:
  • Seting Lockup rate.
  • Verifikasi.
  • Pi Browser (buat wallet & KYC). 
Verifikasi dan KYC dari Pi Browser diperlukan, karena nanti saat phase 3 mainnet jalan, hanya yang lulus KYC saja yang bisa mentransaksikan koin Pi yang dimiliki.

Lockup Rate

Untuk konfigurasi lockup rate buka menu mainnet.



Pilih 'Configure lockup rate'.


Lockup rate ini bukan bunga seperti bank konvensional ya, intinya agar jangan ada penjualan koin/token secara bersamaan, menghindari rush.

'Periode Penguncian adalah rentang waktu yang telah direncanakan sebelumnya, biasanya setelah penjualan token ketika pemegang token dari proyek cryptocurrency dilarang menjual token mereka. Periode Lock-up membantu proyek menghindari masalah likuiditas saat mereka masih dalam proses memperkuat basis pendukung mereka.'

Sumber: meatbunch

Lalu seting sesuai keinginan Anda, berapa jumlah yang mau dikunci dan selama berapa lama waktu/durasi pengunciannya. 

Gambar dibawah ini hanya contoh saja, terserah Anda mau cepat bisa transaksi dengan bagi hasil yang kecil atau mau  jumlah banyak dan lama dengan bagi hasil yang besar, bebas saja, it's your call.



Apabila sudah dirasa mantap setingnya maka silahkan di save.

Verifikasi

Buka menu garis hamburger di pojok kiri atas, geser ke bawah dan klik 'Profile'


Didalam menu profile dan geser kebawah. Disini kita perlu verifikasi nomor telepon, facebook dan email.

Saat ini untuk verifikasi nomor telepon masih dalam tahap pengembangan, sepertinya masih random, ada yang bisa ada yang belum, dicoba aja dulu.

Developer Pi sudah menyadari hal ini dan katanya mereka akan melakukan penyempurnaan lebih lanjut.


Disini juga kita bisa mematikan tampilan iklan, selama 2 minggu, nanti di ulang lagi, matikan add setiap 2 minggu.

Paling bawah ada menu 'Sign Out', kalau Anda sign out maka kegiatan menambang akan berhenti.

Pi Browser

Instalasi Pi Browser

Setelah verifikasi, Anda bisa lanjut dengan install Pi Browser, via Playstore/Appstore.


Setelah terinstall, klik menu Pi Browser untuk membukanya.


Selanjutnya dia akan buka Pi  Browser, ikuti saja petunjuk untuk loginnya.

Menu Pi Browser

Pada menu Pi Browser ada dua menu yang kita butuhkan, yaitu 'Wallet' dan 'KYC'.

Wallet

Bagi Anda yang sudah paham wallet kripto, silahkan buat wallet Anda.

Buat Anda yang belum paham, saya coba terangkan sekilas dibawah ini ya, tapi saya sarankan Anda juga googling lagi lebih jauh mengenai pengertian dan cara pembuatannya secara umum.

Apa itu wallet dalam kripto/blockchain

Wallet adalah dompet digital yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, menerima/mengirim transfer koin/token kripto.

Wallet memiliki alamat uniknya sendiri, mirip dengan nomor akun bank tabungan kita.

P e n t i n g !

Saat pertama kali Anda membuat wallet maka akan diberikan phrase rahasia yang biasanya terdiri dari 12 kata atau lebih yang acak, CATAT dan SIMPAN phrase ini secara RAHASIA, jangan beritahukan kepada siapapun juga. 

Siapapun yang bisa mengetahui phrase rahasia ini maka akan bisa mengambil alih wallet Anda.

Bila wallet Anda terhapus/reset HP dan ingin install ulang maka phrase rahasia ini harus di input ulang, bila hilang maka wallet Anda beserta seluruh koin didalamnya tidak bisa dipulihkan kembali, hilang selamanya, dan tidak ada yang bisa membantu Anda.

Saya ada pernah buat posting mengenai cara buat wallet Metamask, walletnya memang berbeda dengan wallet di Pi, tetapi kurang lebih prinsipnya sama.

Ceklist KYC

Sebelum ajukan KYC ada baiknya menyelesaikan ceklist yang diberikan app.

Buka kembali menu mainnet.


Pilih 'Mainnet checklist'


Lihat daftarnya, selesaikan yang belum dikerjakan.



Kesimpulan

Koin Pi adalah cryptocurrency sosial baru yang didukung oleh komunitas orang-orang biasa kebanyakan. Pi dapat dengan mudah ditambang di smartphone tanpa perlu perangkat mahal, atau konsumsi baterai. Ide utamanya adalah untuk menciptakan ekosistem online yang inklusif, di mana orang biasa dapat menambang koin digital.

Kelebihan Pi Network:
  1. Kesederhanaan. Seorang pengguna yang belum pernah berkecimpung dengan Bitcoin atau dunia kripto sebelumnya bisa menambang dan menggunakan cryptocurrency.
  2. Ketersediaan. Jumlah koin yang ditambang tidak tergantung pada kekuatan perangkat (Proof of Work), proses penambangan tidak memerlukan perangkat yang rumit.
  3. Penghasilan yang adil. Pengguna yang berpartisipasi dalam pengembangan platform mendapatkan keuntungan yang pantas.
Pi Network adalah eksperimen unik di dunia uang digital. Kita berharap agar tim developer Pi terus bisa mengembangkan proyek ini dan bila itu tercapai maka Pi bisa menjadi evolusi besar di bidang kripto.

Tanya jawab/FAQ

Seperti apa algoritma penambangan Pi, apakah seperti Bitcoin berupa Proof of Work (POW) ataukah Proof of Stake, atau lainnya? 
Pi Network menggunakan algoritma Stellar Consensus Protocol (SCP). SCP menggunakan mekanisme baru yang disebut Federated Byzantine Agreements untuk memastikan bahwa pembaruan data dalam pendistribusian ke buku besar (ledger) akurat dan dapat dipercaya. SCP juga diterapkan dalam praktik melalui blockchain Stellar yang telah beroperasi sejak 2015.

Lihat disini untuk SCP.

Kalau telat klik atau terlupa bagaimana? 
Tidak masalah, nanti ada notifikasi dari app Pi yang mengingatkan kita bahwa kita belum menambang di hari tersebut.

Misal nggak mau klik gimana, apakah ada penalti/sangsi dll? 
Tidak ada paksaan sama sekali, hanya saja Anda tidak menambang dan koin Pi Anda tidak akan bertambah.

Saat HP off atau kita menutup aplikasi secara total, apakah aplikasi akan berhenti menambang? 
Tidak, proses menambang tetap jalan terus dibelakang, tanpa mengganggu kinerja HP Anda. Terkecuali, bila Anda sign out, maka kegiatan menambang akan berhenti.

Apa keuntungan mengajak teman/pengguna lain untuk ikut bergabung dengan kita?
Anda akan naik peringkat dan semakin banyak bisa berbagi bonus dua arah dengan mereka, pada akhirnya kecepatan menambang Anda akan semakin bertambah dan Anda bisa menambang lebih banyak Pi dalam waktu yang lebih singkat.

Bagaimana dengan multi akun/mulgi gajet, bisakah?
Kalau membaca peraturan dari FAQ mereka, tidak boleh. Lagian juga nanti saat KYC kan tidak bisa ada 2 nama, 2 ID dengan 2 akun. Tanggung sendiri akibatnya bila di ban.

Perlukah verifikasi (pada menu profile)? 
Ya perlu, dan jangan lupa ajak rekan Anda untuk verifikasi juga, karena hanya rekan/downline yang telah terverikasi yang bisa berbagi bonus Pi dengan Anda.

Di bagian bawah app ada notifikasi hitung mundur jumlah hari menuju nol, ini apa ya?
Setelah selesai daftar pertama kali maka kita diberi waktu beberapa hari untuk melakukan koreksi terhadap nama kita, setelah habis waktu tersebut maka nama kita akan permanen. Cek ricek kembali nama Anda di seting - profile, bila salah lalukan 'review name', iconnya tepat diatas waktu hitung mundur tadi.


Apakah kita perlu menginstall Pi Browser? 
Ya, karena ada beberapa menu/fungsi yang hanya tersedia di Pi Browser, contoh: KYC, wallet dll.



Apakah Pi Browser akan bentrok dengan browser di HP kita saat ini?
Untuk kasus saya tidak, ia tidak mengambil alih fungsi apapun. Ia hanya digunakan untuk mengakses beberapa menu spesifik yang tidak tersedia di aplikasi mining awal.

Perlukah KYC? 
Perlu sekali, saat ini Pi Network masih fasa 2, tetapi nanti saat fasa 3 dimana mainnet sudah aktif dan masuk exchange maka hanya yang lulus KYC saja yang bisa bertransaksi.

Bagaimana cara KYC? 
Melalui Pi Browser, ada menu KYC disana. Karena saat ini ada demikian banyak antrian pengajuan KYC, maka Anda mesti menunggu. Ajukan sekarang agar antrian Anda tidak bertambah panjang.

Kapan fasa 3 main net aktif, kapan exchange? 
Tidak tahu, tapi saya tidak berharap terlalu cepat juga, maklum hasil nambang Pi masih sedikit - bwa ha ha ha.

Apakah Pi Network ini sah? Saya kuatir scam, gmn? 
Kalau saya melihatnya selama dia gratis maka tidak masalah, toh kita tidak rugi apapun.

Berapa harga koin Pi nantinya? 
Tidak ada yang tahu... Bisa saja cuma 0.000x usd, atau 1 USD? atau bahkan bisa ratusan USD seperti Bitcoin? Hanya nanti saat mainnet dan exchange telah jalan baru bisa ada harganya. Ya hitung2 nabung lah, toh gratis ini :p

Berita terpercaya! 1 Pi = 1 Bitcoin gan! 
Tahayul itu gan, tapi kalau bener ya gpp juga ;p



No comments:

Post a Comment

Tulisan anda akan di moderasi oleh admin.

Featured Post

Bagaimana Cara Mendapatkan Koin Crypto Pi Network Gratis dari Internet

Bagaimana cara ikutan bergabung dan mining/menambang koin Pi Network dengan gratis Sekilas Mengenai Pi Network Apa itu Pi Network Pi adalah ...