Pohon Urban yang setara dengan sebuah hutan

Sebuah pohon kota dengan kemampuan mendukung lingkungan setara dengan 275 pohon normal di hutan


Pohon kota ini mampu menyerap dan menyaring polusi beracun dari udara seperti hutan alami


Polusi udara walau tidak terlihat secara kasat mata, tetapi sesungguhnya telah menjadi penyebab bagi hampir 7 juta kematian prematur setiap tahunnya. Untungnya, saat ini sudah ditemukan solusinya, yaitu CityTree (pohon kota/urban). 


Adalah sebuah dinding hijau dengan teknologi tinggi yang mampu membersihkan udara dari partikel berbahaya, dengan kemampuan luar biasa, tidak tanggung-tanggung untuk setiap CityTree ini setara dengan kemampuan 275 pohon alami menyaring dan membersihkan udara.


CityTree bukan pohon biasa seperti layaknya pohon alami, dia lebih seperti pohon pembiakan lumut. Zhengliang Wu salah satu dari penemu Green City Solutions mengatakan "Pembiakan lumut memiliki lebih banyak permukaan daun dibandingkan tumbuhan lainnya. Itu artinya kita dapat menangkap lebih banyak polusi".


Ukuran CityTree ini memiliki tinggi kurang dari 4 m, sekitar lebar 3 m dan tebal 2.19 m. Untuk variannya sendiri saat ini diperkenalkan dengan dua macam jenis, yang memakai tempat duduk dan yang polos, dengan sebuah area untuk memajang informasi atau pemasangan iklan.

Karena begitu banyaknya area permukaan dari lumut yang terpasang, setiap pohon dapat menghilangkan debu, nitrogen dioksida dan gas ozon dari udara. Tambahan lainnya adalah sistem instalasinya sudah otomatis penuh, seperti adanya panel surya untuk penyediaan listrik dan sistem pengumpulan air hujan yang di saring dan masuk ke dalam penampungan untuk selanjutnya di resapkan kembali ke tanah.



CityTree juga memiliki sensor WiFi yang dapat mengukur kelembaban tanah, temperatur dan kualitas air. Wu juga mengatakan bahwa produk ini memiliki sensor polusi didalamnya, sehingga bisa memonitor kualitas air secara lokal dan mendapatkan data sejauh mana efisiensi CityTree ini.


Setiap hari, sebuah CityTree dapat menyerap sekitar 250 gram partikel polusi. Dalam waktu setahun penuh, penemuan ini dapat menghilangkan 240 metrik ton CO2.

Green City Solutions sebenarnya menawarkan teknik instalasi CityTree hanya dalam waktu 1 hari di berbagai kota di dunia, tetapi yang menjadi masalah adalah pada birokrasi kota yang ada. Wu memberi contoh, di kota Modena, Itali, mereka sedang memasang CityTree disana, dan semua tadinya berjalan sesuai rencana, tetapi sekarang pihak pemerintah kota menjadi keberatan mengenai area yang telah disetujui dikarenakan masalah keamanan.


Walau dengan berbagai hambatan yang ada, perusahaan Wu ini tetap berniat dan sudah memiliki rencana untuk memperkenalkan CityTree di India, dimana polusi udara telah mencapai level yang berbahaya di berbagai lokasi.

Sejauh ini 20 buah CityTree telah sukses di install di kota besar di dunia, termasuk Oslo, Paris, Brussels dan Hongkong. Dengan biaya sekitar $25,000 untuk setiap unitnya, merupakan sebuah investasi besar tetapi dalam jangka panjang akan akan sangat layak karena kemampuan mereka membersihkan polusi yang berbahaya.

Oke demikian posting setelah ramadhan kali ini, semoga berguna.

Siapa tahu ada yang butuh arsitek di Bandung bisa mampir sekalian ke website arsitek rumah minimalis Bandung saya :)

Comments