Seminar Arsitektur - Ketukangan, Kesadaran Material

Bandung - ITB (sekedar dokumentasi pribadi)


Sekitar 2 minggu kemarin saya menghadiri seminar arsitektur di ITB yang membahas buku Ketukangan - Kesadaran Material (craftmanship, material consciousness) yang diadakan oleh penerbit Imaji. Pembawa acaranya Imelda Akmal, sedangkan dari penerbit diwakili oleh Avianti Armand dan sebagai pembicara/nara sumber ada dua orang yaitu Indah Widiastuti (ITB) dan Pak Tan Tjiang Ay.

Karena datang diawal waktu, lumayan bisa dapat duduk di baris kedua. Tepat disebelah kanan saya ada Baskoro Tedjo, lalu Pak Yuswadi Saliya, dan sesepuh arsitektur lainnya, saya lupa namanya (ada yg memang tidak tahu juga sih).


Isi acara utamanya adalah pembahasan mengenai isi buku itu sendiri, tentang bagaimana arsitek menerapkan teknologi bahan dan material pada karya-karyanya dan juga hubungannya dengan tukang dilapangan sebagai pelaku eksekusi dari material pilihan arsitek tersebut.


Yang menarik adalah pada sesi tanya jawab di akhir acara, walaupun pertanyaan sangat dibatasi karena waktu (sepertinya begitu), semua yang bertanya mengarahkan pertanyaannya kepada Pak Tan, aji mumpung!, arsitek bandung / nasional satu ini jarang-jarang turun gunung. Saya juga sebenarnya banyak yang mau ditanyakan, hanya saja karena tidak sesuai topik terpaksa sekali saya urungkan.


Singkat kata, beliau menjelaskan pengalaman beliau dalam pemilihan material dan bahan yang selektif. Menarik, karena kita tahu beliau termasuk arsitek yang tidak mau di acak-acak desainnya, bahkan oleh kliennya sekalipun, sehingga selalu bisa memunculkan hasil karya yang utuh, jujur dan berkarakter.



Ki-ka: Imelda Akmal, Avianti Armand, Tan Tjiang Ay & Indah Widiastuti




Akhir acara


Antri tanda tangan Pak Tan


Ketemu teman jaman kuliah dulu, Vinondini.

Wokeh, terimakasih sudah mampir kemari, jangan lupa 
kunjungi juga website Arsitek Bandung saya :)



Comments