Desain Kolam Renang

Awal

Kebetulan saya baru saja menyelesaikan desain perencanaan untuk pengembangan lahan kosong yang ada dibelakang rumah klien, salah satu kebutuhannya adalah kolam renang ukuran kecil.


Ukuran Kolam Renang

Ukuran minimum kolam renang standard sebaiknya berukuran panjang 6 m. lebar 4 m. dan kedalaman minimum 1 m. (UK). Sedangkan untuk acara internasional kurang lebih kedalamannya sama, namun berbeda panjang dan lebarnya. Kalau butuh lebih jauh bisa lihat2 sendiri di internet.

Kolam renang standard


Kolam renang untuk pelatihan

Patokan standard diatas bisa dijadikan bahan acuan dalam mendesain kolam renang. Sengaja saya bahas siapa tahu Ridwan Kamil* blusukan mampir ke blog ini, kan lumayan ada pertanggung jawaban tentang referensi saya dalam mendesain (peace ah).

Sedangkan untuk kasus saya, kebetulan lahannya harus dibagi2 dengan kebutuhan ruang yang lain, jadi harus ada mengalahnya sedikit. Ketika hal ini saya sampaikan kepada klien, belliau bisa memaklumi, so oke - lampu hijau untuk kolam renang kecilnya

Sistem Pengaturan Air Kolam Renang

1. Kolam air terbuang, air yang keluar dari kolam tidak di daur ulang, langsung dialirkan/diteruskan keluar tidak kembali.
2. Kolam air bersirkulasi, air yang keluar / meluap didaur ulang untuk kemudian dialirkan kembali kedalam kolam.

Kolam air bersirkulasi / daur ulang

Sistem ini biasanya terdiri dari 2 jenis pengolahan air luapan; skimmer & deck level pools (di indo = water flow). 

Ada juga modifikasi yang ke tiga yaitu semi water flow, kalau lebih jelasnya mengenai hal ini lebih baik langsung tanyakan ke tukang kolamnya. Anda masih tetap ingin bertanya kepada saya? silakan baca kembali kalimat tadi :)

Skimmer

Add caption

Deck level pool aka water flow



Yang dipilih pada desain saya adalah yang terakhir, deck level pool / water flow. Kenapa yang itu? saya ingin agar airnya rata permukaan kolam, rasanya lebih mengasyikan saja.

Berikut foto2 pelaksanaan saat ini, baru mulai. Oya, itu dinding bata hanya untuk menahan tanah saja, nantinya baik dinding maupun lantainya akan full cor beton tulangan.







Note;
* Pada saat ditulis Ridwan 'emil' Kamil = walkot Bandung tercinta...

kunjungi juga website Arsitek Bandung saya :)


Comments